Senin, 22 Desember 2014

RIWAYAT SIMSON

KISAH SIMSON






Lahirnya Simson 
( HAKIM-HAKIM  13 : 1-24 )

    Orang israel banyak melakukan apa yang jahat di mata TUHAN pada saat itu,saebab itu TUHAN menyerahkan mereka ke tangan orang filistin 40 tahun lamanya.Pada saat itu ada seorang dari Zora,dari keturunan orang Dan namanya manoah.istrinya mandul tidak beranak. pada saat itu TUHAN berfirman "bahwa mereka akan memiliki anak laki-laki. tapi anak itu rambutnya tidak boleh di cukur karna sejak dia di dalam kandungan dia sudah menjadi najir Allah dan dengan dia akan dimulai penyelamatan orang israel dari filistin" sampaikan malaikat  TUHAN kepada perempuan itu.
        Setelah malaikat itu pergi perempuan itu menceritakan semua yang di sampaikan malaikat itu kepada manoah suaminya, mendengar cerita istrinya itu  manoah  berdoa kepada TUHAN " ya TUHAN,berilah kiranya abdi Allah,yang Kauutus itu datang kepada kami dan mengajari kami apa yang harus kami perbuat kepada anak yang akan lahir ini" maka Allah mendengarkan doa mereka dan mengutus malaikatnya untuk datang kepada mereka.
          Lalu perempuan itu melahirkan seorang anak laki-laki  dan memberi nama simson kepadanya.Anak itu menjadi besar dan TUHAN memberkati dia. mulailah hatinya di gerakkan oleh Roh TUHAN di Mahane-Dan  yang terletak di antara Zora dan Estanyol.

Perkawinan Simson dan Teka-Tekinya
(HAKIM-HAKIM 14:1-20 )

         Saat Simson di timna dia jatuh cinta pada seorang gadis filistin,dan dia menceritakannya kepada ayahnya supaya di ambil jadi istrinya. namun ayahnya menentang," tidak adakah diantara anak-anak perempuan sanak saudaramu atau di seluruh bangsa kita seorang perempuan hingga kau pergi mengambil seorang istri dari falistin ? tetepi jawab simson kepada ayahnya, ambillah dia jadi istriku sebab dia ku sukai ", tetapi ayah dan ibunya tidak tahu bahwa hal itu dari TUHAN asalnya,sebab memeng simson harus mencari gara - gara terhadap orang Falistin,karena pada saat itu orang falistin menguasai orang israel.
          Lalu pergilah simson beserta ayah dan ibunya ke timna,ketika mereka smpai di kebun kebun anggur di timna maka seekor singa muda  mendatangi simson dengan mengaum. pada waktu itu berkuasalah Roh TUHAN atas dia sehingga singa itu di cabiknya  seperti orang mencabik anak kambing tanpa apa-apa di tangannya.
tetapi tidak di ceritakannya kepada ibu dan ayahnya apa yang di lakukannya itu.setelah bercakap-cakap dengan perempuan itu dan dengan orang tuanya simson mengatakan kalau dia suka padanya. setelah beberepa waktu  kembalilah dia ke falisti untuk menikah dengan perempuan itu. dan ketika dia melintas pada baangkai singa itu dia melihat segerombolan lebah dan juga madu. dia mengeruknya dan memakannya sambil berjalan dan dia memberikannya pada ayah dan ibunya lalu mereka memakannya,tapi tidak di beritahukannya kepada mereka bahwa madu itu di keruknya dari bangkai singa. pada saat malam perjamuan itu simson memberikan teka teki kepada 30 orang kawan yang menemani dia "jika kalian dapat menjawab teka teki ku dalam waktu 7 hari selama perjamuan ini maka kalian akan ku berikan tiga puluh pakaian lenan dan tiga puluh pakaian kebesaran tetapi jika kalian tidak dapat menjawabnya maka kalian yang harus memberikan aku tiga puluh pakaian lenan dan tiga pulu pakaan kebesaran", jawab mereka kepadanya katakanlah teka tekimu supaya kami dngar, kemudian is mengatakannya
                          "dari yang makan keluar makanan,dari yang kuat keluar manisan"
selama beberapa hari mereka tidak dapat menjawab teka teki itu mereka pun mengencam istri simson jika dia tidak dapat membujuk simson untuk memberitahu jawabannya maka mereka akan membakar ruma ayahnya. akirnya pun perempuan itu merengek rengek kepada simson agar jawabannya di beri tahu,karna simson mbosan mendengar istrinya merengek merengek diaa pun memberitahukan jawabannya. tapi simson tidak tahu kalau akhirnya jawaban itu di beritahukan kepada orang ysng di ajaknya bertaruhan. ketika hari ketujuh menjelang matahari terbenam datang lah mereka dan berkatalah mereka
          " apakah yang lebih manis dari madu ?
             apakah yang lebih kuat dari singa?"
sahutnya kepada mereka
   kalau kamu tidak membajak lembu betinaku  pasti kamu tidak menebak teka tekiku.
maka berkuasa lah Roh TUHAN atas dia,lalu ia peergi ke Askelon dan di bunuhnya tiga puluh orang disana,diambilnya pakaianya dan di berikan kepada orang yang menjawab pertanyaanya tadi.Tapi amarahnya masih juga bernyala-nyala lalu pulang lah ia kerumah  ayahnya maka diberikanlah istri simson itu kepada kawannya bekas pengiringnya.

Simson Melawan Orang Falistin
(HAKIM-HAKIM 15:1-20)
          Beberapa waktu kemudian simson kembali kerumah istrinya tapi dia tidak menemukannya,  ayah perempuan itu mengatakan kalau istrinya sudah di kasih kepada temannya. lalu dia menewarkan adiknya tapi simson menolaknya dan ia mengancam akan membuat keributan dengan orang falistin.
maka pergilah simson ditangkapnya tiga ratus ekor anjing hutan di ambilnya obo,di ikantya ekor ke ekor dan di letakkannya obor itu kemudian dinyalakannya obor itu dan di lepaskannya ke ladang gandum yan akan dipanen dan ladang itupun hangus terbakar.
berkatalah orang Falistin "siapakah yang melakukan ini ?" orang menjawab " simson menantu orang timna itu,sebab ia telah mengambil istri simson dan memberikannya kepada temannya. lalu orang falistin itu membakar perempuan itu beserta ayahnya, mengetehui itu simson sangat marah dan dengan pukulan yang hebat dia meremukkan tulang belulang mereka. lalu pergilah dia ke bukit batu etan dan tinggal dalam gua.
           maka datang lah orang falistin ke yehuda dan mereka ingin mengikat simson, kemudian turunlah tiga ribu orang dari suku yehuda ke gunung batu etan dan berbicara kepada simson
"tidakkah kau ketahui bahwa orang falistin berkuasa atas kita ? apakah juga yang telah kau prbuat terhadap kami ?" tetapi jawabnya kepada mereka " seperti mereka memperlakukan aku seperti itu jugalah aku memperlakukan mereka"  kata merak akepadanya " kami kesini untuk mengikat dan menyerahkan rngkau ke tangan orang falistin" tetapi jawab simson kepada mereka " bersumpalah kepadaku bahwa kamu sendiri tidak akan menyerang aku" jawab mereka kepadanya " tidak kami hanya ingin menyerahkan engkau dan kami tidak mau membunuhmu" setelah mereka membawa simson ke lehi  dan orang falistin berrsorak sorai maka berkuasalah Roh TUHAN atas dia dan dia memutuskan tali tali yang di tangannya seperti batang jerami yang terbakar saja kemudian ia menemuka sebuah tulang rahang keledai yang masih baru di ulurkannya tangannya, di pungutnya dan dipukulnya  mati seribu orang dengan tuang itu, berkatalah simson
          "Dengan rahang keledai bangsa keledai ku hajar
            dengan rahang keledai seribu orang ku pukul "
setelah berkata demikian dia melemparkan tulang itu kemudian di namailah tempat itu rahmat lehi dan ketika itu dia haus dan dia berkata kepada TUHAN


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar